@FreeDomain @Review @Facebook
Gratis artikel Bang Del, daftar sekarang!
Posted by Bang Del

Blog yang Bagus Gimana Sih?

Apakah blog yang bagus menurut saya sudah bagus menurut orang lain. Apakah blog yang bagus menurut orang lain sudah bagus menurut saya. Jawaban untuk kedua pertanyaan di atas adalah belum tentu. Terkadang bagus menurut saya ternyata jelek di mata pembaca dan terkadang bagus menurut pembaca ternyata tidak bagus menurut saya. Menurut kamu blog yang bagus gimana sih?

blog yang bagus
Posted by Bang Del

Cara Promosi Blog yang Baik

Ingin blog anda terkenal? Temukan jawabannya di sini "Cara Promosi Blog yang Baik". Hampir semua pemilik blog ingin blognya menjadi terkenal dan ramai dikunjungi dengan trafik yang tinggi pula. Saya pun begitu, sama seperti anda :) Posting tentang cara promosi blog ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan dibaca-baca dulu dan ambil poin-poin yang cocok buat blog anda. Semoga bermanfaat.

promosi blog
Posted by Bang Del

Jenis-Jenis Bisnis Online

Sudah sering mendengar tentang Bisnis Online ya. Saya akan memberikan sedikit ulasan tentang bisnis online dan jenis-jenis bisnis online. Barangkali anda tertarik untuk memonetisasi blog. Hitung-hitung bisa dapat dollar dari internet. Artikel ini mengulas beberapa jenis bisnis online yang sedang marak dan digandrungi para blogger.

bisnis online

Pertanyaan Sebelum Punya Blog

Saya mencoba berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang persiapan sebelum mulai ngeblog . Tulisan ini dipublish karena terinspirasi dari beberapa kejadian yang saya temui. Di Y!A saya menjumpai banyak pertanyaan tentang blog, ada pula kisah sedih jatuhnya mental menulis dari beberapa teman yang pernah saya ajak bertukar pikiran tentang ngeblog yang akhirnya blog tidak lagi update berbulan-bulan, ada juga teman facebook kesulitan beradaptasi dengan tanggapan serta respon negative yang diterima dari pengunjung blognya, terakhir adalah berdasarkan pengamatan dan kunjungan saya pada beberapa blog lainnya. Sangat disayangkan, seharusnya kejadian ini tidak perlu terjadi jika sedari awal telah memiliki mind set yang kuat untuk menerjuni dunia blog. Jangan pernah berpikir kamu akan sukses ngeblog dengan mengikuti cara sukses ngeblog ala blogger master. Ga semudah itu sobat. Metode yang mereka beberkan boleh saja canggih dan tidak ada yang salah dengan itu, namun yang paling penting adalah kepribadian dan mental untuk menerjuni blogging. Cobalah menanyakan hal ini kepada diri sendiri. Mudah-mudahan beberapa pertanyaan berikut bisa menjadi landasan dan menjadi inspirasi bagi kamu untuk mulai ngeblog.

Apakah saya suka menulis?
Blog adalah media tempat menulis. Bang Del suka ngeblog karena pada dasarnya saya orang yang suka menulis. Dulu saya menulis di buku, entah itu hanya sekedar iseng ataupun opini pribadi akan suatu kejadian. Teknologi yang semakin maju membuat saya merasa terbantu dengan menulis di media blog. Orang lain bisa membaca tulisan ini secara bebas dan gratis. Jangan dipaksakan untuk ngeblog kalau kamu memang bukan tipe orang yang suka menulis. Namun, walaupun kamu tidak biasa menulis, blog bisa menjadi ajang latihan untuk menulis. Sering nonton film barat? Kalau ia, tentu kamu pernah menonton film yang menceritakan kehidupan pendidikan di sana. Anak TK pun sudah diwajibkan untuk membuat suatu karya tulis sederhana. Mereka melatih budaya menulis sejak usia muda.

Apakah saya orang yang percaya diri?
Percaya diri adalah sikap yang berani melakukan pendekatan dan berkomunikasi dengan orang lain di kehidupan sehari-hari ataupun di dunia maya. Yakin akan kemampuan yang dimiliki. Yakin dengan cara menulis yang ditentukan sendiri dan bisa pula menerima cara dari orang yang menjadi idola kamu.

Bagaimana saya menghadapi tanggapan orang lain?
Menulis di blog berarti orang lain dapat membaca isi tulisanmu. Bukan hal yang aneh jika orang lain membaca tulisan blog kamu dan memberikan tanggapan yang berbeda. Ada yang merasa puas dengan memberikan komentar yang baik dan ada yang merasa isi blog kamu sampah semua. Siapkah dirimu dengan kenyataan seperti ini.

Apakah saya dapat menyelesaikan apa yang sudah dimulai?
Seperti yang saya katakan di atas, banyak blog di internet yang pada akhirnya ditinggalkan dan ga diurusin lagi. Ngeblog itu butuh kerja keras dan ga bisa dianggap mainan kecil. Di Amerika, blog sudah begitu terkenal dan bahkan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Namun budaya ini belum saya temukan di Indonesia. Emangnya situ sudah profesional? Tidak, saya bukan seorang profesional namun saya merasakan hal ini penting. saya juga masih perlu belajar dan belajar dari yang sudah maju dan berpengalaman. Oke, tentang target menulis. Katakan saja kamu punya target membuat 30 artikel blog dalam sebulan, namun pada kenyataannya kamu hanya bisa menyelesaikan 4 artikel saja. Apakah kamu bisa menerima ini. Jangan membebani diri dengan target yang muluk-muluk.

Apakah saya orang yang mudah menyerah?
Jika kamu menemukan masalah yang belum terpecahkan, apakah yang akan kamu lakukan. Duduk berdiam diri dengan santai atau kamu mencari cara lain untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Jawab sendiri ya.

Apakah saya bisa disiplin dengan waktu?
Kamu harus menetapkan waktu tertentu untuk mengelola blog. Buat posting blog ga mesti satu sehari. Kamu bisa saja membuat posting satu artikel seminggu. Terserah saja, yang penting atur waktu dan sesuaikan dengan jadwal yang sudah ada. Yang penting mau komitmen untuk mentaati jadwal tersebut. Jika mengalami kebosanan, silahkan beristirahat. Baca tips mengatasi kebosanan blogging.

Apakah saya suka membaca?
Orang yang suka menulis biasanya banyak membaca. Banyak sumber bacaan dari internet dan buku-buku lain dan ini bisa menginspirasi kamu untuk menulis di blog. Semakin banyak bahan bacaan akan semakin memperluas wawasan sehingga menulispun bukan menjadi suatu hal yang sulit.

Terakhir, tanyakan kembali ke dirimu apakah saya benar-benar ingin ngeblog?
Jangan dikira ngeblog itu gampang sobat. Semuanya butuh proses dan waktu yang panjang. Banyak orang yang mulai blogging dan kenyataan yang terjadi di bulan ketiga dan keempat biasanya mengalami kebuntuan yang akhirnya meninggalkan blogging. Banyak yang tergoda membuat blog karena mendengar dari blog bisa mendapatkan uang yang banyak. Jika ini yang menjadi motivasi kamu untuk ngeblog, maka saya yakin kegagalan sudah menghampiri dirimu. Pengalaman berbicara, he..he..

Masih banyak hal lain yang bisa kamu tanyakan pada dirimu. Apakah saya siap terjun di dunia blog? Inilah yang saya alami sejauh ini. Setiap orang tentu punya pengalaman yang berbeda-beda. Belajar dari pengalaman adalah guru terbaik. Percaya ga? Tanamkan dalam diri bahwa ngeblog itu tidak gampang. Ngeblog tidak semudah yang pernah kamu dengar dari para blogger yang sudah master. Mereka juga membutuhkan proses dengan waktu yang lama untuk bisa sukses. Berlatihlah secara teratur dan disiplin. Buat teman-temanku di Y!A, facebook dan teman blogger lainnya, saya hanya mau berpesan jangan merasa berkecil hati jika ada yang tidak suka dengan blogmu. Maju terus pantang mundur! Teruslah berkreasi, bagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Salam sukses dan happy blogging for all.

Related Post:


Top Blogs or My Zimbio or Bookmark and Share

6 comment:

ale said...

memang ia ngeblog itu gampang-gaampang susah..

Gudangtutorial said...

pertanyaan mau ngeblog byk jg ya bang :) kunjungi blog saya ya bangdel.

Tak Bahaya!!! said...

Waah ini pengalaman saya juga seperti diatas Bang, saya jatuh bangun untuk ngeblog tapi bagaimanapun juga saya pernah putus asa dengan blog saya karena,ngeblog tak menghasilkan apa2 selama 2 thn walaupun skrg blm juga tapi saya iklas ngeblog demi hobby saya yang dasarnya menyukai internet.

Satu hal yang membuat saya bertahan dan semangat ngeblog adalah Master-master blongging yang sudah sukses meraup uang dari blognya, terserah apa kata mereka yang telah gagal dan tak tahu apa itu uang dari internet.

Salam sukses buat Bang Del....

Salam dari blogger bekasi yang masih nubie :)

Stap'sukaku said...

bangdel.bangdel
akku masih baru nihh...

iya si, pertama aku bikin blog udah banyak post,tpikrn banyak tugas jdi berhenti ngeblog dan lupa password deh,..
sekarang udah bikin lagi nih, tpi masih dikit,..butuh semangat ekstra!!

kunjungi blog saya dan komen ya, bangdel,..

Keyoy said...

aq kalau dah baca blog ne hati lega... Timbul niat utk menjadi blogger sejati :D

drey aza said...

halo bozz,, ane lom ngasih apa" nih bozz, jd ane nyimak dulu aja ya bozz

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Bang Del. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni. Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukaran link.

Link Exchange | Blog Directory

Link Exchange Directory of Top Sites Dmegs.com
SEO friendly web directory of top sites & blogs organized by topic into categories and presented according to relevance ofwebsite. Submit your website free.

Tukar Link dan Promosi Website
Webkios Direktori Indonesia, katalog website untuk tukar link dan promosi gratis. Tambahkan website anda sekarang juga di direktori kami.

Increase your PageRank
The Search Engine Optimization Experiment - Increase your PageRank.

Blogarama - The Blog Directory
Get Listed At One Of The Largest FREE Blog Directories Online. Let People Find And Rate Your Blog In The Blog Directory!

2RSS.com :: RSS directory
2RSS.com :: RSS feeds, RSS directory, RSS software, RSS scripts, RSS articles, RSS syndication, XML, RDF, news.
 

Followers

Recent Comments