@FreeDomain @Review @Facebook
Gratis artikel Bang Del, daftar sekarang!
Posted by Bang Del

Blog yang Bagus Gimana Sih?

Apakah blog yang bagus menurut saya sudah bagus menurut orang lain. Apakah blog yang bagus menurut orang lain sudah bagus menurut saya. Jawaban untuk kedua pertanyaan di atas adalah belum tentu. Terkadang bagus menurut saya ternyata jelek di mata pembaca dan terkadang bagus menurut pembaca ternyata tidak bagus menurut saya. Menurut kamu blog yang bagus gimana sih?

blog yang bagus
Posted by Bang Del

Cara Promosi Blog yang Baik

Ingin blog anda terkenal? Temukan jawabannya di sini "Cara Promosi Blog yang Baik". Hampir semua pemilik blog ingin blognya menjadi terkenal dan ramai dikunjungi dengan trafik yang tinggi pula. Saya pun begitu, sama seperti anda :) Posting tentang cara promosi blog ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan dibaca-baca dulu dan ambil poin-poin yang cocok buat blog anda. Semoga bermanfaat.

promosi blog
Posted by Bang Del

Jenis-Jenis Bisnis Online

Sudah sering mendengar tentang Bisnis Online ya. Saya akan memberikan sedikit ulasan tentang bisnis online dan jenis-jenis bisnis online. Barangkali anda tertarik untuk memonetisasi blog. Hitung-hitung bisa dapat dollar dari internet. Artikel ini mengulas beberapa jenis bisnis online yang sedang marak dan digandrungi para blogger.

bisnis online

Panduan Monetize Blog

Hanya sekedar berbagi. Kemaren ada teman yang kasih komen untuk berbagi ilmu tentang membuat bisnis blog yang lebih menarik lagi bisa dibaca di sini. Hmm, sebenarnya aku agak bingung mengartikannya. Tapi ga apa-apa koq. Mungkin maksudnya adalah tentang bagaimana mendapatkan uang dari aktivitas blogging. Oke, ini ada sedikit tips dari Bang Del tentang panduan monetize blog.

Oia, saya pernah menulis tentang dilematika haruskah monetize blog di sini. Mungkin sama seperti teman lainnya yang juga pernah mengalami ini, bahwa pada awalnya kita kesulitan menentukan apakah ngeblog itu buat kesenangan menulis personal aja atau ngeblog yang khusus diarahkan untuk menghasilkan uang. Kalau sekarang Bang Del sudah menentukan pilihan tentang ngeblog yang menyatukan dua kepentingan di atas. Artinya, blogging untuk kepuasan menulis sambil berusaha menghasilkan uang dari blog tersebut.

Lama yah pembukaannya. Baiklah begini ceritanya. Setelah kita memutuskan untuk me-monetize blog yang kita kelola, ada sedikit hal mendasar yang harus ditetapkan dulu (kayak membuat ketetapan MPR DPR aja ya). Ada beberapa tips dari saya silahkan dibaca bagi yang masih pemula seperti diriku juga dan bagi yang sudah master, saya minta petunjuk dan arahannya.

Panduan bagi pemula (newbie) untuk mendapatkan uang lewat internet sbb:
1.Membuat blog atau web site.
2.Mengisi blog dengan content yaitu suatu article yang berhubungan dengan tema blog, misalnya saja tentang belajar autocad, nutrisi pangan dan kesehatan, tentang seni desain interior eksterior, artikel manajemen proyek kontruksi, tutorial blog, tip dan trik blog, artikel olahraga, artikel seni dan budaya, tentang otomotif, dan banyak pilihan lagi. Bila kamu merasa artikelmu bermanfaat untuk orang lain, maka tidak ada salahnya untuk saling berbagi dan sharing.
3.Promosikan blog supaya di kenal orang.
4.Mengisi blog dengan program affiliasi untuk menampilkan iklan dan inilah inti dari monetize blog tersebut.

Sebelum membuat blog tentukan dulu market/niche yang menjadi target pasarmu nantinya apakah kamu akan menulis personal blogger atau money blogger. Kalau kita pengennya membuat personal blog yang menuliskan tentang curahan hati, maka blog tersebut dikatakan personal blog. Tetapi jika kita ingin blog kita bisa menghasilkan uang atau menampilkan suatu iklan maka blog kita akan masuk category money blogger. Oia, coba kamu amati blog ini. Judulnya Bang Del, temanya Blognya Bang Del | Belajar blog untuk pemula | Uang dari internet | Opini Pribadi | Trik dan Tips Blogging. Sudah dapat dipastikan kalau blog ini adalah campuran atau gabungan antara personal blog dan money blogger. Memang pada awalnya aku juga nulis untuk kesenangan aja koq, tapi lama kelamaan kepikiran juga tentang me-monetize blog. Saat ini masih belajar.

Oia, dari tadi ngomongin blog terus ya. Hmm, begini sobat. Bang Del menyarankan untuk membuat blog daripada website untuk bisa mendapatkan uang dari internet karena ada perbedaan mendasar antara blog dan website. Blog adalah suatu website yang cenderung sifatnya selalu ter update atau berubah dan pembuatanya mudah hanya kekuranganya tidak bisa mengikuti keinginan pembuatnya. sedangkan website cenderung bersifat statis (walaupun sebenarnya bisa di update dan dirubah tetapi perlu persiapan yang lebih lama namun bisa disesuaikan mengikuti selera si pembuatnya.

Disini kita akan menggunakan suatu blog karena di tinjau dari segi pembuatanya sangat mudah. Kita bisa menggunakan blogger.com dan wordpress.com atau wordpress.org Setelah suatu blog tercipta , blog kamu masih kosong dan perlu di isi dengan content. Membuat konten atau artikel ga susah-susah amat koq. Tinggal masalah kesenangan menulis aja. Buatlah suatu artikel yang sesuai dengan tema blog kamu tadi. Kalau blognya tentang Program AutoCad tentu kamu akan memposting article tentang AutoCad. Misalnya Cara Mudah Belajar AutoCad 3D sebagai judul/title dan sebagai isinya kamu membuat article bagaimana langkah2 menggambar dengan menggunakan Autocad 3D, teknis penggunaan layer, plotting, animasi dengan autocad dan lainnya terkait masalah AutoCad 3D. Untuk pertama kali bisa di buat sekitar 5 - 10 article untuk mengisi suatu blog.

Blog yang masih baru belum bisa di kenal orang karena belum terindeks di search engine seperti yahoo, google, msn dan masih banyak lagi. Oia, nampaknya untuk blogger sudah bisa langsung masuk search engine google secara otomatis tapi lama, tapi tak apa kalau harus di daptarin ke search enginenya juga. Cara promosi blog ke search engine pernah Bang Del tuliskan di sini. Kebanyakan orang mencari kata kunci atau keyword di google search engine dan yahoo. Masih banyak teknik SEO (Search engine Optimization) lainnya, kalau sempat dan tidak males akan saya tuliskan besok-besok aja. Kita juga bisa mempromosikan blog kita dengan menggunakan jasa layanan iklan-iklan gratis atau memakai layanan otomatis yang sering di sebut social bookmarking. Setelah website kita terindeks oleh google dan dikenal orang selanjutnya kamu perlu memasang iklan dari program affiliasi.

Banyak sekali affiliasi program yang bisa kita tampilkan di blog selanjutnya blog anda akan menjadi blog publisher karena menampilkan iklan dari advertiser. Bagaimana kita memperoleh uangnya? Karena kita menampilkan iklan dari advertiser maka apabila ada orang/pengunjung yang mengklik iklan kita maka kita akan mendapatkan bagi hasil dari advertiser sesuai kesepakatan atau berapa besar bayaran untuk ppc (pay per click ) dari iklan tersebut, karena tiap iklan berbeda-beda bayaranya. Kalau advertisernya dari lokal atau indonesia biasanya akan ditransfer lewat bank lokal, jika dari luar negeri seperti Google Adsense, AdBrite, Amazon, Bidvertiser dan banyak lagi akan membayar lewat cheque atau paypal (banyak metode pembayaran, tergantung situs tersebut).

Ada juga yang sistem pemasangan iklan perpaket. Seperti misalnya si advertizer memasang iklannya diblog kita dengan bayaran paket bulanan. Kamu menetukan sendiri berapa tarif pemasangan iklan di blogmu per bulan. Ini terjadi bila blogmu memang sudah sangat ramai dikunjungi orang dengan Google PageRank dan Alexa Rank yang dengan sendirinya akan menarik para advertiser untuk memasang iklan produknya di blog kita. Semoga bermanfaat.

Related Post:


Top Blogs or My Zimbio or Bookmark and Share

6 comment:

Anonymous said...

Nice. . .
Saya lagi mempersiapkan blog nih mas^^

Anonymous said...

tanks BD. saya juga penggemar nulis di blog tapi belum pernah berfikir kalau blog itu bisa menghasilkan uang.makasih BD, u merubah masa depanku.hehehe

salam kenal

aii said...

like this buat para pemula :)

agusasrulsani said...

saya mo nanya bang, untuk pembayaran situs2 yang menghasilkan uang tambahan proses pembayarannya bagaiman?
terimaksih

Indonesian Law said...

Blog spt apa yg layak utk dftr adsense? Maksud sy, berkenaan dg PR, traffic, yg tinggi spt apa? Thx....

Fir'aun NgebLoG said...

saya lagi cari-cari info ttg monetize blog mas,
makasih atas sheringnya ,
salam kenal dari bandung :-)

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Bang Del. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni. Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukaran link.

Link Exchange | Blog Directory

Link Exchange Directory of Top Sites Dmegs.com
SEO friendly web directory of top sites & blogs organized by topic into categories and presented according to relevance ofwebsite. Submit your website free.

Tukar Link dan Promosi Website
Webkios Direktori Indonesia, katalog website untuk tukar link dan promosi gratis. Tambahkan website anda sekarang juga di direktori kami.

Increase your PageRank
The Search Engine Optimization Experiment - Increase your PageRank.

Blogarama - The Blog Directory
Get Listed At One Of The Largest FREE Blog Directories Online. Let People Find And Rate Your Blog In The Blog Directory!

2RSS.com :: RSS directory
2RSS.com :: RSS feeds, RSS directory, RSS software, RSS scripts, RSS articles, RSS syndication, XML, RDF, news.
 

Followers

Recent Comments