@FreeDomain @Review @Facebook
Gratis artikel Bang Del, daftar sekarang!
Posted by Bang Del

Blog yang Bagus Gimana Sih?

Apakah blog yang bagus menurut saya sudah bagus menurut orang lain. Apakah blog yang bagus menurut orang lain sudah bagus menurut saya. Jawaban untuk kedua pertanyaan di atas adalah belum tentu. Terkadang bagus menurut saya ternyata jelek di mata pembaca dan terkadang bagus menurut pembaca ternyata tidak bagus menurut saya. Menurut kamu blog yang bagus gimana sih?

blog yang bagus
Posted by Bang Del

Cara Promosi Blog yang Baik

Ingin blog anda terkenal? Temukan jawabannya di sini "Cara Promosi Blog yang Baik". Hampir semua pemilik blog ingin blognya menjadi terkenal dan ramai dikunjungi dengan trafik yang tinggi pula. Saya pun begitu, sama seperti anda :) Posting tentang cara promosi blog ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan dibaca-baca dulu dan ambil poin-poin yang cocok buat blog anda. Semoga bermanfaat.

promosi blog
Posted by Bang Del

Jenis-Jenis Bisnis Online

Sudah sering mendengar tentang Bisnis Online ya. Saya akan memberikan sedikit ulasan tentang bisnis online dan jenis-jenis bisnis online. Barangkali anda tertarik untuk memonetisasi blog. Hitung-hitung bisa dapat dollar dari internet. Artikel ini mengulas beberapa jenis bisnis online yang sedang marak dan digandrungi para blogger.

bisnis online

Cara Promosi Blog Yang Baik

Saya suka main ke Yahoo! Answer. Beberapakali saya jumpai pertanyaan seputar promosi blog. Ada juga yang menanyakan bagaimana cara mendapatkan trafik kunjungan blog yang tinggi.Hari Anak Nasional Sebenarnya saya bingung, untuk apa promosi blog. Terus untuk apa mendapatkan trafik tinggi. Tentu setiap kita memiliki alasan tersendiri mengapa harus mempromosikan blog dan mengapa pula kamu ingin trafik kunjungan yang tinggi. Jujur saja, ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi para pemilik blog jika blognya ramai dikunjungi dengan trafik yang tinggi dan ini termasuk saya yang memiliki blog masih seumur jagung. Nah, bagaimana cara mendapatkan trafik kunjungan ini? Jawabannya tentu beragam pula. Promosi blog adalah salah satu cara terbaik untuk mendatangkan trafik ke blog kamu. Mau tahu cara promosi blog dari saya? Baca tuntas pengalaman pribadi Bang Del dalam mempromosikan blog berikut ini.

Hal yang dipersiapkan sebelum promosi blog
Kamu harus mempersiapkan blog sebelum promosi. Hal-hal yang harus dipersiapkan sangat banyak. Ini berdasarkan pengalaman saya, yang pernah mengalami kegagalan dalam promosi blog karena saya belum mempersiapkan blog dengan baik. Tentu saja kamu tidak ingin kegagalan ini terulang pada blog kamu, bukan. Persiapan blog ini termasuk seperti judul blog yang tepat untuk mewakili isi blog, deskripsi blog yang mewakili keseluruhan isi blog, navigasi blog yang baik, template yang menarik, siapkan beberapa artikel yang berkualitas untuk dibaca pengunjung (misalnya kamu punya 10 artikel, maka 5 dari artikel tersebut adalah artikel andalanmu yang layak untuk dibaca dan menarik perhatian calon pengunjung blogmu), siapkan halaman buku tamu atau guest book, siapkan halaman about atau tentang blog kamu, loading blog yang tidak berat dan kurangi aksesoris yang membuat blog menjadi lambat untuk dibuka. Halaman hubungi kami atau contact person dan halaman tentang sipa diri kamu juga penting untuk blog bisnis. Menuliskan tentang siapa dirimu akan meningkatkan kepercayaan orang lain ke blog kamu dan meningkatkan kredibilitas dirimu di mata pengunjung. Jika tidak memberatkan, kamu bisa membaca Tentang Saya dan Blog Bang Del. Silahkan berkenalan dengan saya di sana. Patut untuk diingat, tidak semuanya persiapan blog tersebut harus kamu lakukan. Namun kira-kira inilah hal penting yang menurut Bang Del harus kamu siapkan sebelum mempromosikan blog. Bila kamu merasa telah mempersiapkan blog dengan baik, maka sekaranglah saat yang tepat untuk mempromosikan blog kamu.

Cara Promosi blog Yang Baik
Banyak cara promosi blog yang bisa kamu dapatkan dari internet dan tinggal praktek saja. Terserah apakah blog kamu adalah personal blog atau blog pribadi, blog bisnis, blog berita, atau jenis blog lain. Kamu dapat membaca tentang blog dan jenis blog terlebih dulu. Saya sudah pernah menuliskan beberapa artikel cara mempromosikan blog. Jadi, cara promosi blog ini hanya sekedar ulangan dan dijadikan satu serta beberapa tambahan cara promosi blog lainnya. Silahkan ambil yang bermanfaat untuk blog kamu.

  1. Promosikan blog ke search engine. Kamu tahu, ada dua jalan bagi orang untuk menemukan blog kamu. Yaitu pengunjung blog yang datang secara direct link dan natural visitor yang menemukan blog kamu melalui search engine. Direct link adalah pengunjung blog yang datang karena telah mengetahui alamat url blog kamu dan mengetikkannya pada browser dan bisa juga dari petunjunk backlink yang ada pada blog lain. Sedangkan pengunjung blog natural adalah pengunjung blog yang secara tak sengaja menemukan blog kamu pada search engine atau mesin cari dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang membawanya ke blog kamu. Nah, segera daftarkan blog kamu ke search engine.
  2. Daftarkan blog ke Blog directory. Banyak situs yang memberikan layanan gratis blog directory. Kamu tinggal pilih dan mendaftarkan blog di sana. Diharapkan dengan mendaftarkan blog ke blog directory akan membuat blog kamu semakin dikenal banyak orang yang meningkatkan jumlah pengunjung kamu. Promosi blog melalui blog directory ini terbukti meningkatkan trafik kunjungan blog saya.
  3. Daftarkan blog ke RSS search Engine. Apa itu Rss bisa kamu baca di RSS Feed. Ini juga hal penting yang sebaiknya kamu lakukan untuk blog. Saya sudah mendaftarkan blog ke rss search engine dan hasilnya luar biasa. Terjadi peningkatan readers (pembaca) sebanyak 50%.
  4. Promosi blog dengan blogwalking. Sediakan waktu untuk mengunjungi blog lain atau blogwalking dengan meninggalkan komentar yang baik pada artikel blog tersebut. Silahkan baca cara berkomentar pada blog. Diharapkan dengan mengunjungi blog lain, kamu akan mendapat kunjungan balik dari pemilik blog tersebut.
  5. Promosi blog melalui Shoutbox. Selain meniggalkan komentar pada artikel blog, kamu juga bisa meninggalkan pesan singkat pada shoutbox. Tidak semua blog menambahkan aksesoris ini. Jika memang kamu menemukan shoutbox, maka sebaiknya isi dan tinggalkan pesan singkat. Disarankan agar kamu juga menyertakan shoutbox pada blog kamu. Jika tertarik kamu bisa baca cara membuat shoutbox.
  6. Promosi blog ke situs sosial networking. Jika kamu adalah tipe orang yang suka berjejaring sosial, maka cara ini sangat efektif untuk mempromosikan blog kamu. Seperti promosi blog ke facebook, friendster, twitter dan situs jejaring sosial yang kamu ikuti.
  7. Promosi blog melalui mailing lists. Ikutlah bergabung dalam sebuah milis yang cocok dengan keahlian dan bakat kamu. Di milis, kamu bisa memberikan bantuan ke anggota milis dengan menjawab pertanyaan yang mereka butuhkan. Penting untuk menyertakan juga alamat url blog kamu. Misalnya ada pertanyaan atau informasi yang berkaitan dengan isi blog kamu, maka tidak salah untuk menyertakan alamat url blog kamu. Milis groups dapat berupa milis alumni, milis rekan kerja dan milis keanggotaan organisasi dan banyak lagi. kamu tinggal mencari milis di Google Groups atau Yahoo! Groups.
  8. Promosi blog melalui email signature. Yahoo! dan Google menyediakan layanan email signature ke penggunanya. Secara otomatis email signature akan disertakan pada setiap email keluar yang kamu kirim. Tulislah email signature berupa kalimat menarik dan sertakan alamat url blog kamu yang akan membawa pembaca email untuk berkunjung ke blog kamu.
  9. Promosi blog melalui iklan baris gratis. Banyak situs iklan baris gratis yang tersedia di Indonesia ataupun di luar negeri. Isi iklan tidak harus panjang, namun sangat menarik dan memancing pembaca agar datang ke blog kamu. Singkat, padat dan tepat sasaran. Pasanglah iklan secara rutin dan perhatikan hari serta jam pemasangan iklan yang benar-benar tepat untuk pembaca. Seperti hari sabtu dan minggu adalah hari yang sangat cocok memasang iklan. Jika ada uang lebih, kamu juga bisa memasang iklan di broker-broker PPC. Hanya jika punya uang berlebih saja.
  10. Promosi blog di Yahoo! Answer. Sangat menyenangkan untuk bisa berbagi dan saling menolong di Y!A. Pilihlah pertanyaan yang berkaitan dengan isi blog kamu. Jawablah pertanyaan di Y!A dengan baik dan bijaksana, jangan lupa sertakan alamat blog kamu jika dan hanya jika memang relevan dan dapat menolong pengguna Y!A tersebut.
  11. Promosi blog melalui sms. Beritahu kepada teman-teman tentang blog yang baru saja kamu buat. Promosi blog melalui sms sangat jitu dan meningkatkan trafik kunjungan blog kamu. Jangan malu-malu, gagal itu biasa. Yang penting kamu telah melakukan usaha ini. Saya yakin, secara perlahan kamu akan semakin percaya diri untuk mempromosikan blog kamu.
  12. Promosi blog melalui kartu nama. Sertakan alamat blog dalam kartu nama pribadi. Mungkin kamu menemui banyak orang di dunia ini dan lupa siapa saja yang pernah kamu temui. Maka dari itu, buatlah kartu nama pribadi. Ga perlu kartu nama yang canggih dan mahal. Sederhana saja, yang penting isi pesan dan alamat url blog kamu tersampaikan.
  13. Promosi blog dalam komunikasi sehari-hari. Pasti sudah tahulah maksudnya. Seperti ketika sedang ada acara kumpul-kumpul dengan teman-teman atau mate kamu. Katakan kepada mereka bahwa kamu sudah punya blog dan beritahukan alamat urlnya apa dan judul serta deskipsi blog. Promosi blog sambil ngegosip juga bisa koq.
  14. Promosi blog melalui selebaran. Buatlah selebaran yang berisi judul blog dan deskripsi blog kamu secara menarik. Tempelkan selebaran di tempat-tempat umum. Seperti halte, mading sekolah dan papan pengumuman kampus adalah tempat yang strategis untuk menempelkan selebaran. Kamu bisa menentukan dan menilai di mana tempat yang strategis untuk menempelkan selebaran tersebut.
  15. Promosi blog melalui stiker. Buatlah stiker sederhana yang berisi judul, deskripsi dan alamat blog. Bagikan ke teman-teman kamu. Kamu juga dapat menempelkan stiker seperti misalnya di mobil, motor, helm, dan tempat lainnya.
  16. Banyak-banyaklah berdoa. Semoga doanya terkabul. Dan jangan lupa, sertakan blog Bang Del dalam doa kamu. He..he.

Jika diperhatikan, cara promosi blog di atas terbagi dalam dua garis besar. Yaitu, promosi blog secara online dan promosi blog secara offline. Silahkan kamu pilih mana saja yang cocok untuk blogmu. Perlu diingat, blog tidak akan terkenal secara instan. Tidak ada blog baru yang langsung mendapatkan pengunjung sampai beratus-ratus atau bahkan ribuan orang. Semuanya perlu waktu, proses dan kerja keras. Namun demikian, proses akan membentuk kepribadian dan mental blogging kamu. Selamat hari anak nasional 2009. Semoga blognya bisa terkenal dan sukses selalu buat teman-teman blog. Mungkin bagi pemilik blog yang masih baru seperti saya, akan mengalami kecapekan dan letih yang teramat sangat. Namun saya yakin, tidak akan ada usaha yang sia-sia. Silahkan menambahkan, mengurangi atau mengoreksi cara promosi blog yang baik ini. Saya tidak menuliskan cara promosi blog secara detail, namun bila masih ada waktu luang maka saya akan membuat tulisan yang lebih detail lagi. Cara Promosi Blog ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Satu lagi, jangan lupa untuk berlanganan artikel Bang Del melalui email kamu. Ini juga termasuk promosi blog, he..he. Ternyata menulis di blog capek juga ya, istirahat dulu ah.. Semoga bermanfaat.

Related Post:


Top Blogs or My Zimbio or Bookmark and Share

44 comment:

M.J said...

wah makasih om buat infonnya, gw lgi berusaha buat ningkatin traffic blog gw skrg

Bang Del said...

@M.J
Semoga artikel promosi blog ini dapat menaikkan trafik blog Anda :D

Gamoneside said...

WAduh...i'm new di dalam dunia per blog an ini...membantu sekali...makasih buat bang del....matur nuwun.....

gets trik said...

;))
aku baru mengenal blog, trim atas infonya ya,,,,,,,,,,,,,

H. Syaiful Azman, SE, M.Si said...

bangdel!!!, saya lagi kesulitan mendaftarkan blog saya di mesin pencari google, mohon bantuannya untuk mendaftarkannya. nama blog saya :
http://suara-anak-nelayan.blogspot.com
terima kasih sebelumnya

H. Syaiful Azman, SE, M.Si said...

bangdel!!!, saya lagi kesulitan mendaftarkan blog saya di mesin pencari google, mohon bantuan bangdel untuk mendaftarkannya. nama blog saya :
http://suara-anak-nelayan.blogspot.com
terima kasih sebelumnya

Bang Del said...

@Bapak H. Syaiful Azman, SE, M.Si
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H buat Bapak Syaiful Azman beserta keluarga... Mohon Maaf Lahir Bathin Pak..

Pak, saya sudah mendaftarkan blog ini ke google. Jadi kalo ada yang mencari kata kunci "Syaiful Azman" atau "Nelayan Syaiful Azman" maka kalimat yang muncul di google adalah:

"Suara Anak Nelayan oleh Syaiful Azman. Nelayan harus cukup makan, sehat dan cerdas. Tekadku: Sejahterakan Nelayan"

Namun Pak, butuh sekitar 4 minggu baru ter-index sama Google. Jika ingin lebih cepat lagi, bapak bisa menggunakan MetaTag pada template blog Bapak. Ada tutorialnya di blog saya Pak. Untuk search engine lainnya akan saya daftarkan hari ini juga... Untuk yahoo, kalau Bapak tidak keberatan akan saya daftarkan dengan akun yahoomail saya pak Azman.. Karena mereka mintanya begitu Pak. Udah dulu ya Pak..

Salut untuk Pak Azman yang mempunyai dedikasi tinggi untuk nasib para nelayan.. Saya suka dengan penghargaan Bapak atas hidup dan nasib saudara kita nelayan.

Sam said...

info yg bagus!:)Makasih atas infonya!Maklum blogger pemula:D

vink said...

kiat2 dah tag ikutin semua.....

but tetp ja susah.......

Komova706 said...

waaow,capek juga bacanya ya.banyak banget cara2nya. dan pastinya memang betul,semua tidak bisa instan. harus sabar...Baru mulai ngeblog 2 bulan lalu,rasanya masih belum dapet traffic yg banyak( ya mbandinginnya ma blog2 terkenal,ya emang sedikit). tapi gimanapun jg harus te2p smangat!! :D

Bang Del said...

@Vink : Memang susah, tapi dibutuhkan kesabaran dan kerja keras agar blog bisa terkenal :D
@Akhlis :Capek sih mas :D Tapi saya yakin pasti bisa.

thecybergal said...

wah, patut untuk dicoba bang del...
blog saya sepi... apa desainnya serem ya? ~x(

Bang Del said...

Galih A. Mukti: Untuk promosi blog memang membutuhkan usaha dan kerja keras Mas. Yang pasti blog TheCybergal punya Galih, apik tenan koq. Buat sobat blogger semua, yuk kunjungi blognya mas Galih :D

BrewokEdan said...

bang del.. apa bener salah satu dari sekian banyak seo itu kita bisa utak-atik code template atau themes...?

kalau bang del ada waktu di review tentang itu dong bang... tak tunggu loh bang...

gilang said...

thanxs info_na......... ;)
http://www.devil-storm.blogspot.com/

Bianda said...

bagus banget blog nya,,,, d banding blog q jauh ktinggalan blog q,,,,
trima kasih atas pelajaran nya,,,,
http://akbar-kuman.blogspot.com/

aji said...

susah bang :(

muria.or.id said...

nambahin bang..
Submit ke web direktori, bukan hanya blog direktori ;;)

kalo promosi lewat sms sama brosur" untuk blog personal branding kok kayaknya belum pernah lihat ya..

regards

Edy Macho said...

thank's ;;)

Achoteuy said...

mantaf infonya bang del, berarti saya sedang menjalakan misi yang ke-empat yah.. kereeenn.. salam kenal bang, dari new bie oon..

BrewokEdan said...

bener-bener melelahkan dan butuh perjuangan yang panjang supaya blog kita ramah dengan search engine

enjoy said...

nice info...wah bagus skali nih..mantaf..

Moh. Kholil Aziz SN said...

kalo masalah promosi aku masih buta banget

kerja sambilan said...

wah banyak amat, tapi bagus aku rasa inilah inti dari cara kita mempromosikan blog kita, bang del trims ya info ini. aku baru kali ini berkunjung , boleh kan lain kali juga, mohon jangan dihapus komentar kau ya.

Oby Syam said...

eh abng del juga anggota YA juga thoo...
user namenya apa tooh,,,
wkwkwkwkkw
mampir donk bank del ke blog ku
http://zona-ketawa-kita.blogspot.com/

A Zev Lee Bond said...

Sya sbgai pmula sngat brtrimakasih atas infonya... maju trus Bang Del...

movie2satu said...

oklah ane promosi disini dah hehe

movie2satu | download all movie

Ramdhan said...

makasih bang del infonya

bubun4k said...

di coba dulu ah, semoga blog gw baru seumur jagung ntuh bisa naik trafiknya. blog gw ; aneka-kucing.blogspot.com

Gudang Ilmu said...

wah bener bener bangdel traffic yang saya meningkat melesat :D

mudahlesu said...

thanks bro...nice info!!

Cormel said...

Infonya bagus Bang. Harap berkunjung ke blog saya ya bang..

http://cormel.info/

Anonymous said...

Sangat bagus artikel nya untuk menaikkan page rank dari blog kita.
Ijin buat baca-baca ya bang dan belajar dari blog abang.

ulfa said...

Wah banyak banget ya, harus dicoba step by step ni. Thank artikelnya bang.... ;)

maya said...

blog yang bagus.. ajarin dong bang del bikin desain blognya.
blog maya masih alakadarnya.... http://kasatmaya.blogspot.com

Suparyanto said...

16 langkah cepat mempromosikan blog. Tapi baru no 16 yang sering dilakukan..^_^

kawan kurnia tour travel said...

bener2 suatu posting yg aku butuhkan... siiiiiiiiiippp

Anonymous said...

Bagi anda yang tertarik pasang iklan silahkan kunjungi:

http://iklangratis.inabuy.com/

Keunggulannya:

Tanpa daftar
Tanpa syarat
Langsung Tayang
Tanpa batas
Dapat hadiah lagi

kunjungi http://iklangratis.inabuy.com/

nurndom said...

siap gan

BoWo said...

Sip bang tutorianya bikin penasaran keburu pengen cepet mraktekin. hehe
salam kenal bang dan salam sukses dah buat blognya....

Anonymous said...

makasih infonya

Unknown said...

thanks buat ilmu ny ni bos..
jgn lupa berkunjung balik y bos..

http://danilsyam.blogspot.com/

Anonymous said...

Numpang Parkir Ya :)

http://canagem.wordpress.com

Erress said...

tips2nya mantap juga, cukup membantu saya yang baru merintis website..

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Bang Del. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni. Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukaran link.

Link Exchange | Blog Directory

Link Exchange Directory of Top Sites Dmegs.com
SEO friendly web directory of top sites & blogs organized by topic into categories and presented according to relevance ofwebsite. Submit your website free.

Tukar Link dan Promosi Website
Webkios Direktori Indonesia, katalog website untuk tukar link dan promosi gratis. Tambahkan website anda sekarang juga di direktori kami.

Increase your PageRank
The Search Engine Optimization Experiment - Increase your PageRank.

Blogarama - The Blog Directory
Get Listed At One Of The Largest FREE Blog Directories Online. Let People Find And Rate Your Blog In The Blog Directory!

2RSS.com :: RSS directory
2RSS.com :: RSS feeds, RSS directory, RSS software, RSS scripts, RSS articles, RSS syndication, XML, RDF, news.
 

Followers

Recent Comments