@FreeDomain @Review @Facebook
Gratis artikel Bang Del, daftar sekarang!
Posted by Bang Del

Blog yang Bagus Gimana Sih?

Apakah blog yang bagus menurut saya sudah bagus menurut orang lain. Apakah blog yang bagus menurut orang lain sudah bagus menurut saya. Jawaban untuk kedua pertanyaan di atas adalah belum tentu. Terkadang bagus menurut saya ternyata jelek di mata pembaca dan terkadang bagus menurut pembaca ternyata tidak bagus menurut saya. Menurut kamu blog yang bagus gimana sih?

blog yang bagus
Posted by Bang Del

Cara Promosi Blog yang Baik

Ingin blog anda terkenal? Temukan jawabannya di sini "Cara Promosi Blog yang Baik". Hampir semua pemilik blog ingin blognya menjadi terkenal dan ramai dikunjungi dengan trafik yang tinggi pula. Saya pun begitu, sama seperti anda :) Posting tentang cara promosi blog ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan dibaca-baca dulu dan ambil poin-poin yang cocok buat blog anda. Semoga bermanfaat.

promosi blog
Posted by Bang Del

Jenis-Jenis Bisnis Online

Sudah sering mendengar tentang Bisnis Online ya. Saya akan memberikan sedikit ulasan tentang bisnis online dan jenis-jenis bisnis online. Barangkali anda tertarik untuk memonetisasi blog. Hitung-hitung bisa dapat dollar dari internet. Artikel ini mengulas beberapa jenis bisnis online yang sedang marak dan digandrungi para blogger.

bisnis online

Cara Membuat Blog Yang Bagus

Banyak orang mulai tertarik untuk membuat blog. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat blog yang bagus. Tentu jawaban setiap orang bisa bermacam-macam. Apalagi tentang tema dan template blog. Pemilik blog yang masih baru seperti saya masih kebingungan tentang membuat blog yang bagus dan menentukan tema serta template blog. Untuk menjawab pertanyaan tentang membuat blog yang bagus itu harus bagaimana mungkin kita harus berangkat ke belakang untuk menjawab pertanyaan berikut. Apakah blog yang bagus menurut saya sudah bagus menurut orang lain. Apakah blog yang bagus menurut orang lain sudah bagus menurut saya. Jawaban untuk kedua pertanyaan di atas adalah belum tentu. Terkadang bagus menurut saya ternyata jelek di mata pembaca dan terkadang bagus menurut pembaca ternyata tidak bagus menurut saya karena bertentangan dengan idealisme saya akan tema dan isi blog. Kesimpulannya adalah, membuat blog yang bagus adalah blog yang sesuai dengan selera saya. Mengapa harus disesuaikan dengan selera sendiri. Saya pengen punya blog yang tema nya tidak mengekang kreasi dan daya pikir. Saya tidak mau tema blog justru akan memenjarakan ide-ide lain yang ternyata berada di luar tema yang sudah ditetapkan pada awal membuat blog. Terkadang kepikiran juga untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca blog ini. Namun saya yakin semua ini akan berjalan seiring waktu dan proses yang membentuk blog untuk semakin bagus. Mungkin pembaca tidak merasakan sesuatu yang bermanfaat dari blog saya, tapi bisa jadi isi blog ini sangat memuaskan bagi saya dalam mengeluarkan segala aspirasi dalam bentuk tulisan.

Saya suka blogwalking ke blog lain atau menemukan blog melalui search engine google. Setelah melihat template dan membaca isi blog, biasanya secara otomatis akan terlontar penilaian khusus akan blog yang saya kunjungi. Secara sadar atau tidak, pasti ini juga akan kamu alami. Kadang saya malas berlama-lama berada pada blog tersebut dengan alasan tertentu pastinya. Dan tidak jarang pula saya mampu bertahan membaca isi blog yang saya kunjungi. Mengapa? Jawabannya hanya satu yaitu blog yang bagus dan blog yang tidak bagus. Tapi ini hanya menurut pandangan saya saja. Bisa jadi menurut pandangan si pemilik blog dan kamu akan berbeda pula. Tidak ada pijakan dan jawaban pasti tentang kriteria dan syarat membuat blog yang bagus. Setiap orang yang kamu tanyakan tentang bagaimana cara membuat blog yang bagus tentu akan berbeda jawabannya dan mungkin beberapa jawaban akan sama. Nah, saya hanya berbagi pengalaman saja dan bukan berarti saya sudah berpengalaman. Seperti yang saya katakan, saya juga masih baru mulai ngeblog. Oia, artikel ini hadir karena saya menemukan beberapa pertanyaan yang hampir mirip di Y!A, facebook, inbox email dan perbincangan sehari-hari dengan beberapa teman. Jadi ada baiknya saya tuliskan di sini saja. Mohon maaf karena tulisan ini sangat panjang dan bertele-tele karena memang gaya penulisan saya terbiasa seperti ini yang suka menulis panjang-panjang.

Pertanyaan lainnya adalah, apa sih yang memuaskan saya dalam ngeblog? Apakah karena melalui blog, saya dapat menumpahkan segala aspirasi pikiran dan ide dalam bentuk tulisan. Ataukah saya merasa puas jika isi blog memberikan manfaat bagi pengunjung dan pembaca blog. Jika kamu memang menulis dengan mempertimbangkan faktor pembaca blogmu, tentu kamu akan dipaksa berpikir keras tentang tema, isi dan template blog yang bagaimana yang mereka suka dan butuhkan. Saya cuma mau bilang, jangan sampai kamu terbebani oleh tema, isi dan template blog yang memuaskan pembaca. Kecuali kamu memang sudah sangat berpengalaman dan ahli (expert) sebagai seorang penulis. Jika memang harus memikirkan pengunjung, bagaimana caranya agar pengunjung bisa berlama-lama dan betah berada di blog kamu. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya sekedar wacana dan brain storming bagi saya dan kamu yang masih baru dalam dunia blog. Oke, sekarang masuk ke intinya.

Cara Membuat Blog Yang Bagus

1. Blog tidak kebanyakan aksesoris
Terkadang saya menemukan blog yang sangat "cantik dan manis". Blog dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti banner animasi dan flash, pemasangan kalender, jam, ip addres checker, aplikasi pemutar musik dan video, iklan bertebaran dimana-mana, kebanyakan photo serta aksesoris lain yang ga berhubungan dengan tema blog. Saya cuma mau bilang selain membuat blog menjadi berat, blog akan kelihatan seperti pasar tradisional. Terlalu rame dan ribet. Ga semua pengunjung blog yang punya akses internet cepat. Cobalah berpikir tentang ini. Saya sendiri punya akses internet yang terbilang lambat dan lemot. Saya juga ga mau merasa seperti dimata-matai dengan aksesoris status IP pengunjug (ip addres checker). Emang saya maling ya? Jam dan kalender sudah ada koq di taskbar windows komputer. Mau dengar lagu dari winamp juga sudah ada di komputer saya. Ingatlah, widget pemutar musik dan video akan sangat memberatkanloading blog. Kalau saya menemukan blog yang loading halamannya berat dan kebanyakan iklan serta aksesoris berlebihan yang tidak sesuai dengan tema blog, biasanya langsung saya tutup dan say good bye. He..he Namun jika aksesoris tersebut dapat memuaskan dirimu, silahkan saja dipasang, toh itu juga blog kamu dan tidak ada yang melarang. Sebagai bahan pembanding saya berikan satu kisah. Coba perhatikan beberapa blog yang sudah terkenal di Indonesia. Mereka memberikan tutorial tentang cara pasang aksesoris pada blog. Tapi mereka sendiri tidak memasang aksesoris tersebut pada blognya. Mengapa ya? Jawabannya agar tidak keberatan dan blog bisa tampil prima. Blog yang terkenal ini lebih mengutamakan isi yang berkualitas. Bahasa kerennya, content is the king dan aksesoris bisa disesuaikan belakangan.

2. Isi blog bermanfaat bagi pemilik dan pengunjung blog
Pada dasarnya blog adalah live journal. Namun saat ini, sudah banyak orang yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan bagi dirinya. Blog yang bermanfaat adalah blog yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan dari pengunjung. Maksud pertanyaan di sini adalah, pengunjung bertanya pada mesin cari seperti google dan yahoo yang mengantarkannya ke blog kamu. Pengunjung tentunya mencari sesuatu yang bermanfaat baginya. Jika dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya pada blog tersebut, maka dia akan mencari jawaban ke blog lainnya atau situs web lain. Bukan berarti blog kamu tidak bagus, namun pasti ada pengunjung lain yang datang dengan pertanyaan yang berbeda dan menemukan jawabannya pada blog kamu. Bisa jadi saya mengatakan blog kamu bagus karena saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya dan orang lain mengatakan blog kamu tidak bagus karena dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya. Orang yang sudah terkenal, katakan saja seorang selebritis yang memiliki blog akan tetap ramai dikunjungi. Bisa jadi karena isinya berkualitaas dan bermanfaat bagi pembacanya. Saya menilai, bagus tidaknya isi blog selebritis bukanlah faktor utama yang menjadikannya banyak dikunjungi. Namun tidak lebih dari keinginan para fans yang selalu ingin tahu aktivitas dan apa saja yang terjadi pada selebritis tersebut. Blog seorang politikus dan publik figur akan ramai dikunjungi karena setiap tulisannya bisa jadi adalah berupa kebijakan yang menentukan nasib bangsa. So, semuanya tergantung kebutuhan si pengunjung blog. saya butuh informasi dari kamu maka saya datang berkunjung. Saya tidak memerlukan informasi darimu maka saya saya merasa tidak perlu membaca artikel kamu. Inilah fakta tentang bermanfaat atau tidaknya isi blog bagi pengunjung.

3. Tata bahasa dan penggunaan gambar
Gunakan tata bahasa dengan tanda baca dan penulisan yang baku, dapat dimengerti oleh pengunjung yang beragam. Tapi ini hanya saran saja. Banyak koq blog yang menggunakan bahasa sesuka hati menurut selera pemilik blog. Jika itu merupakan kepuasan tersendiri bagi pemilik blog, maka tidak bisa disalahkan juga. Seperti saya bilang tadi, blog tersebut adalah miliknya. Namun bagaimana dengan nasib saya sebagai pengunjung? Tentu saya akan merasa kebingungan dengan gaya bahasa tersebut. Barangkali blog tersebut tidak cocok untuk kamu, tinggalkan saja. Jangan terbebani dengan memaksakan diri untuk mengikuti gaya bahasa penulis blog. Mungkin beberapa suka dan ada juga yang ga suka. Up to you ajalah. Penggunaan gambar yang berlebihan berakibat fatal pada loading halaman yang semakin lambat. Boleh menggunakan gambar pada posting, karena gambar akan mempercantik dan menarik pandangan pengunjung yang membaca isi artikel posting. Namun patut dipikirkan kecepatan akses internet semua orang tidaklah sama. Ada yang cepat dan ada yang lambat seperti akses internet yang saya pakai saat ini sangat lambat.

4. Irit memakai kode script
Oke, blog ini sudah bagus menurut saya dan menurut pengunjung blog saya berdasarkan survey yang telah saya lakukan. Juri lainnya yang menilai apakah blog saya bagus atau tidak adalah search engine. Jangan sepelekan variabel ini. Sebisa mungkin blog kamu juga harus disukai mesin cari seperti google. Nah, blog yang bagus di mata search engine harus bagaimana? Jangan gunakan widget dengan script dan java script yang tidak disenangi mesin cari seperti google. Kamu boleh saja menggunakannya, tapi sebisa mungkin diirit dan dihemat.

5. Jangan Menipu Search Engine
Tidak sedikit saya menemukan blog yang berusaha menipu search engine. Dalam beberapa kasus saya melihat ada blog yang menggunakan script meta refresh tag yang salah kaprah. Waktu refresh disetting terlalu cepat. Kejadian ini saya temui ketika mengunjungi alamat url tertentu tiba-tiba secara otomatis saya dipindahkan ke url lain. Malas deh.. Google tidak suka penggunaan meta refresh tag pada blog. Penipuan lainnya adalah membuat warna teks yang mirip dengan warna latar belakang teks. Berusaha menjadikan semua teks seperti keyword, inilah harapan dari si pemilik blog. Justru mesin cari sekarang semakin pintar mengetahui dan menghadapi ulah blog yang demikian. Dan usaha penipuan search engine ini akan dibalas oleh google dengan tidak mengindex isi blog pada mesin cari.

6. Jangan gunakan popup otomatis
Pernah ga ketika kamu mengunjungi blog dan mengklik satu link, tiba-tiba saja tampil satu atau bahkan sampai tiga jendela baru yang berisi iklan-iklan tertentu. Bagi saya, ini sangat mengganggu kenyamanan dan menjengkelkan. Ada pemilik blog tertentu yang sengaja membuat setting pop up otomatis untuk meningkatkan click popularity dan klik iklan otomatis. Kalau yang ini, saya ga bisa terima. Langsung tutup saja dan never comeback.

7. Utamakan content blog yang original
Menulis di blog memerlukan ide dan sumber inspirasi. Seorang ahli (expert) akan sangat mudah menuiskan apa saja di blognya karena karya tulisan tersebut asli dari buah pikiran penulis dengan pengalaman yang sudah segudang. Bagaimana jika saya tidak memiliki keduanya? Jika kamu ingin menulis namun sedang kehabisan ide, kamu bisa copas artikel blog lain atau dari sumber bacaan lain. Jika terpaksa harus copy paste, maka saran saya tuliskanlah itu dengan gaya bahasamu sendiri. Usahakan paragraf pertama dan paragraf akhir dibuat berbeda. Sertakan link sumber artikel. Menyertakan link sumber artikel tidak akan menurunkan pamor kamu sebagai penulis blog. Justru saya suka dan salut dengan pemilik blog yang berani mencantumkan link asal sumber artikel. Namun kurangi porsi copy paste, jangan terlalu sering copy paste isi blog orang lain. Keseringan copas juga berakibat fatal bagi pembacamu. Pengunjung akan berpikir untuk membaca artikel ke sumber aslinya dan perlahan namun pasti akan meninggalkan blogmu.

8. Navigasi blog yang user friendly
Navigasi adalah petunjuk dan arah jalan yang ada pada blog. Navigasi yang baik akan membantu pengunjung untuk mengeksplore semua isi blog. Tampilkan menu daftar isi, kategori topik bahasan blog atau disebut label posting, tampilkan kotak pencarian. Jika kamu terbiasa untuk menuliskan artikel yang sangat panjang seperti saya (tergantung mood juga denk), maka menambahkan link read more sangat penting untuk blog agar isi blog tidak terlalu panjang pada halaman utama. Jika tertarik, kamu bisa baca cara membuat read more. Google translate juga penting ditambahkan untuk sewaktu-waktu jika ada pengunjung yang tidak mengerti bahasa Indonesia, namun tertarik membaca blogmu. Fasilitas lainnya yang melibatkan hubungan pemilik blog dan pengunjung adalah seperti kotak komentar dan tagboard atau shoutbox tempat meninggalkan pesan singkat. Jangan lupa untuk menyertakan satu halaman khusus tentang saya dan blog saya, bahasa kerennya profil dan about me serta halaman hubungi saya atau contact. Buat juga halaman khusus untuk buku tamu. Hal ini untuk menjaga kredibilitas pemilik blog di mata pengunjung dan menjaga kepercayaan yang diberikan pengunjung kepada kamu. Pengunjung akan mudah meninggalkan pesan dan tahu ke mana harus menghubungi kamu. Tapi ini juga tergantung pemilik blog. Ambil bagian mana saja yang kamu rasa cocok dengan style blogmu.

Masih banyak faktor lain yang membuat bagus tidaknya suatu blog. Kamulah yang menentukan bagaimana membuat blog yang bagus, it is you to decide it. Sebagai catatan, kamu tidak harus mengikuti semua persyaratan di atas, ambillah mana saja yang kamu rasa bermanfaat dan sesuai dengan seleramu. Saya hanya sebagai tamu yang berkunjung ke blog kamu. Search engine sebagai media yang merekomendasikan blog kamu untuk saya kunjungi. Semoga saja search engine jatuh cinta pada blogmu. Tulisan ini hanya sekedar ungkapan hati tentang blog yang bagus menurut Bang Del. Jikapun ada teman yang merasa tidak berkenan akan tulisan ini atau mungkin merasa tergugah, mohon dimaafkan. Mungkin kamu punya ide lain atau ingin menanggapi, silahkan saja. Atau kamu justru merasa sangat bosan membaca tulisan panjangnya sampai 10 kilometer ini? Silahkan memberikan penilaian masing-masing. Saya sangat mengharapkan masukan dari teman-teman tentang membuat blog yang bagus. Salam hangat dan happy blogging for all.

Related Post:


Top Blogs or My Zimbio or Bookmark and Share

96 comment:

Neng Aia said...

balik lagi ke awal dan tujuan ngeblog serta fungsinya ;)

Blog juragan | belajar seo blogspot said...

Ganteng banget dah nih post bang del...thx iaa dah share..harus evaluasi blog nih...

Meryl (proud pinay) said...

hi thank you for visiting my site and for the comment you left in my post. see you again.

gem said...

Stumbling in your nice site. Hope you could visit me too. Thank you.

Hanita said...

iya.. klu pake kiword bejibun dianggap spam ntar

AkBaR bLoG said...

postingannya keren.....
mas dan semuanya add blog saya dong...
blog saya masih sepi akbarboyz.blogspot.com

Adi Sucipto said...

Good post, bahasanya mengalir. Saya senang membacanya. Thanks dah berkunjung ke webblog saya. Salam sukses selalu

diswanto said...

salam sejahtera bang del terima kasih atas tips nya,meski baru sekarang artikel ini ketemunya atau mungkin saya yang baru nyadar hehehe..:D

DDN said...

luarbiasa ini artikelnya jadi bahan masukan buat saya :) thx bang

Bang Del said...

Buat Semua : Blog yang bagus bisa dinilai dari banyak variabel. Disesuaikan juga dengan kebutuhan dan tujuan keberadaan blog untuk apa. Ini hanya sekedar pandangan saya tentang blog yang bagus. Terimakasih atas tanggapan dan saran dan kritiknya. Sukses selalu buat sobat semua :D

Komova706 said...

Jarang2 ada postingan sepanjang ini. Fiuh,bacanya mpe bermenit2. Tapi bagus juga sih, jadi detil. Kalau aku sendiri, kok rasanya belum pernah posting tulisan spanjang ini. Mungkin gaya penulisan kita beda, bang. Aku suka yang simpel, pokoknya pesannya sampe, gitu aja. Kalau butuh yg detil, tinggal suruh klik link yg mengarah ke TKP aja. :-*
Khusus poin 4, bisa dijelaskan apa itu widget dan java script yg disarankan dan tdk disarankan utk dipasang? Thanks ...love this blog always :X

Purba Sidadolok said...

hmmmm...terlambat comment ni..."artikel yg sangat bagus bg, cuma aku mo nanya tentang penjelasan no 5. Jangan Menipu Search Engine...kalau bisa krm ke emailku ya bg...alamat blog/web yg seperti dijelaskan itu...pengen tau aja sperti apa....apa aku seperti itu at gak...sekali lg, artikel ini sangat bagus"...semangaaaaaaaaaaat.!!!!

masdani said...

akhirnya nemu juga nih artikel yang mengupas tuntas tentang tata cara ngeblog yg baik, sangat bermanfaat bang terutama buat para pemula2 sperti sya ni hehe, bisa jd bahan referensi dan acuan tuk merevisi blog nih, thanks bgt bang del biar telat kommentnya kaga' ape yah, maklum kan ane baru-baru aja buat blognya hehe... :)

msdani said...

oya kelupaan ni bang.., cmn mo bilang saya termasuk orang yang berbetah-betah ria nongkrong disini nih,
sarat info soalnya hehe.., thanks bang..

diswanto said...

sip..dah..keren abis nih artikel..buat nambah wawasan saya sebagai blogger pemula...

Zippy said...

Wadow...blog saya masih ada beberapa hal yang melanggar TOS diatas, xixixixixi...
Masih jauh dari kata bagus :D

Unknown said...

Tujuan awalku sih untuk bahan bacaan diriku sendiri diwaktu senggang.. tapi lama kelamaan, karena banyak yg mengunjungi dan berkomentar, jadi ingin lebih dr yg sekedar itu.. apalagi diiming2i penawaran bisnis online dsb, jadilah blogku seperti itu...
Menurut bang Del, gimana nih tampilan blogku ??? Aku pengen denger penilaian orang lain nih.. tp harus jujur lho..

Bang Del said...

Lina Marliana : Blognya Bu Lina bagus koq, saya suka. Paling enggak loading halaman (homepage) cepat. Selamat berkarya Bu Lina :D

ipul said...

blog ku paling bagus mas.tapi blog yang lain jauh lebih bagus.hehehe

SANDRI APUL said...

wah..jadi tambah semangat saya membaca artikel bung...sukses untukmu..

brewokedan said...

artikel yang kaya beginian nih yang bikin kangen, thx mas bro atasnya infonya, yang pasti aku juga paling suka dengan blog yang tampilannya simple, elegan dan loadingnya cepet..

Anonymous said...

keren bang del.... saya masih belajar separo-paro, cuman kalo mau ganti template suka pd hilang dan lemot.

http://bantarkawunginfo.blogspot.com

Tihang said...

infonya sangat bagus bang,..
Pertanyaan saya sama bung Akhlis tentang Point 4.

Tlng cek blog kt juga Bang,trim's sebelumnya.

Unknown said...

thx infonya... :)

muria.or.id said...

jangan menipu search engine.. setuju bang..
amal ibadah kita di dunia luna maya dicatet ama search engine jadi jujur" wae lah :D

Fayes Cool said...

mantap coy.... ini blog ku tapi masih kurang bagus menurut ku sih.... http://gokilnote.blogspot.com/

om dedi said...

wa pusing........ but thanks anyway

enjoy said...

nice..buat tambah pengetahuan wat bkn blog...tq mas..

-True Violet- said...

Berkunjung ya Om... Makasih atas semua Tutorial & Info yg bagus ini..
Jangan lupa buat berkunjung di BlogKu ya Om..
Download Lagu dan Album terbaru di
http://dfacto-community.blogspot.com

zulkarnain said...

Blog yang bagus bisa di bedakan dr dua hal.
1. dari desain
2. dari kontent..

sederhananya begitu. dan masih banyak lagi ketika anda masuk ke dalamnya untuk paham

kumpulan sms romantis said...

thanks udah kasih info yang bermanffat

coretan-ku said...

good nice gan

terus berjuang jd no 1

tutorial blog | SEO | Life Style said...

sungguh info yang bermutu sob

Gudang Ilmu said...

io mendingan template yang sesuai selera kita ajach soalnya dapat meningkatkan semangat bagi pemiliknya kwkwkw:))

Ramdhan said...

makasih

Anonymous said...

Setelah saya membaca mulai dari judul sampai akhrir dan saya pikir-pikir ulang ,memang benar-berar saya sependapat dengan entry blog ini bahwa memilih blog yang bagus itu harus mengambil jalan tengah antara selera pengunjung dan Pemiliknya blognya, saya setuju sekali dengan beberapa kategori diatas , satu hal yang menjadi beban pemikiran saya karna saya seorang Pemula , saya mintak kritik dan saran pada blog saya , karena selama ini banyak temen-teman blog memberi komentar cuma sepatah dua patah kata apakah ini disebabkan kekurang nyamanan blog yang saya tata , terima kasih sobat saya mengharapkan kehadirannya dan menilai apa adanya , dan terima kasih juga untuk postingnya ini

Prapatan Kertek said...

Gila bagus banget nich postingan.maaf nich boss aku curi ilmu

prima wahyudi said...

OM AJAR KAN SAYA CARA MEMBUAT BLOG YG PALING BAGUSS..!!
SOAL YG SAYA MAU LOMBA MEMBUAT BLOG YG BAGUS SE PROVINSI RIAU!!!! PLISSSS


BLOG SAYA : : :: PRIMAGITULHO

blogGuaonline said...

thanx for informasinya..berguna bnget buat saya yang masih belajar den kebingunga.

pojokbisnis82 said...

keren abis dah nih blog,..perlu banyak belajar dari gan,..ane masih pemula....hehehe...www.pojokbisnis82.blogspot.com

Danang Adyanto said...
This comment has been removed by the author.
Danang Adyanto said...

aku cinta indonesia dengan segala keindahanya

OptimizTiz said...

Okey,,,,bGuzzzz

QLC INDONESIA said...

Kang mau tanya nih: kenapa ya blog saya gak nampak ada navbarnya di atas..? selanya apa yaah..?

Terima kasih banget klo abang berkenan menjawabnya buat saya..

Unknown said...

good post bgt.. apa yg kk bahas thu bnr2 menyinggung bgt.. xixixixixi,, keren!!

Anonymous said...

thx for your idea
visit us:
http://thelightcomputerbusiness.blogspot.com/
http://thelightcomputer.blogspot.com/

Admin said...

makasih :))

ereyagus92 said...

abng saya mau nanya nieh bang gimana cara bikin laman seperti blog abang ? agar blog saya bisa lebih rapi bang tolong ya semuanya !!! bagi dikit ilmunya

somethese said...

Makasih banyak Bang atas infonya .... semalam saya begadang tuk buat blogspot, mohon Abang kunjungi blog saya dan beri masukan ya Bang ... sebelumnya terima kasih ..!

somethese said...

Makasih banyak Bang atas infonya .... semalam saya begadang tuk buat blogspot, mohon Abang kunjungi blog saya dan beri masukan ya Bang di http://itsmesimpleasthat.blogspot.com ... sebelumnya terima kasih ..!

somethese said...

Bang ... gimana caranya ngerubah url blogspot kita namun secara otomatis berubah juga di beberapa akun laiinya misalnya facebook, twitter, networkblogs, dll .... Trus gimana membuat halaman blogspot kita ( seperti punya Abang singkat2 banget pake read more githu ) Makasi banyak Bang.

mardi said...

bagus bang :)
<a href="http://starchem05.blogspot.com/>
http://starchem05.blogspot.com/</a>

Herman Sakar said...

bang del... gua pendatang baru nie didunia blogger,,,

gua pengen bgat mendesain blog gua biar lbih mnarik,,, but gua belon paham caranye bang,,,

gua udeh coba tpi koq mlah tmbah bigunk bang....

tolonk donk bang gua di ajarinnye....??? please... thank's ya bang sebelumnye

aBAH aBUN said...

mampir kemalaman ni, aku lagi kesulitan caranya menghidupkan page rank

ulfa said...

Waduh bang del, artikelnya bagus2 ni dan bermanfaat lagi...hiks (pengen)

Athur Alam said...

menurut saya, penilaian kriteria bagus atau tidaknya sebuah blog memang sifatnya relatif.. tapi ada beberapa benang merah yang bisa ditarik setelah saya coba mengamati ratusan blog yang lalu lalang di jagad blogosphere.. bahwa blog yang bagus itu adalah yang :

1. Kontentnya original.. alias bukan copas dari sumber lain.
2. ngeBlognya dengan hati, bukan dengan fokus ingin kaya mendadak dari iklan, atau program online marketing lainnya (*maaf kalo ada yang tersindir.. hehee)
3. Si pemiliknya (blogger) ramah, resonsif terhadap komentar dari pengunjung...

diluar itu.. seperti template, SEO de el el.. itu cuman aksesoris aja.. tergantung preferensi masing2..

World Top Stories News said...

Nice Info

D-oNe said...

Makasih banyak nih bang atas info2nya. kebetulan saya blogger pemula jdi msh perlu bnyak blajar dan kebetulan di blog abang ini saya nemuin banyak ilmu yg brmanfaat. ditunggu info2 mnarik selanjutnya. salam kenal :)

Cormel said...

keren postingannya bang...harap mampir ke tempat saya ya bang..

syamsuddin said...

bang minta ijin copas dikit aja ya bang.....untuk blog baruku hoby2010.blogspot.com

Richard said...

saya baru banget nih bikin blog... waktu liat blog orang lain, kok pada punya search engine... saya jadi pngen banget di blog saya punya search engine.. gimana caranya tuh??

edi nurcahyono said...

keren juga ye artikelnya sukses slalu.

Anonymous said...

Saya baru saja membuat blog dan termasuk newbie ni bang. Setelah baca tulisan bang Del yang katanya panjangnya sampai 10Km hehehe wawasan saya tentang blog jadi semakin bertambah. Senang bisa menemukan blog seperti milik bang Del. Saya pasti akan sering2 mampir ke blog bang Del.

Best Rgds

Ria Aryani said...

bangdel...postingannya mantapppp bgt :D
sgt berguna buat saya yg statusnya NEWBIE.hehehehehe...
btw,abang dateng ga ntar k pesta blogger d epicentrum???
maaaaciiiiii

Ria Aryani said...

Bang, kemarin dateng ga ke acara pesta blogger??seru banget acaranya kemarin loh.

gadgeta said...

mantap

Tipstrik said...

bagus bagus bagus

Sam said...

Blog saya sepi komentar :(( apa blog saya udah masuk blog bagus? makasih mas infonya :)

Keyoy said...

terbuka dech pikiran aq untuk bt blog yang lbih sipmel ngak bnyak aksesorisnya... Tapi cara bt buku tamu di halaman laen gimna yha?

Keyoy said...

terbuka dech pikiran aq untuk bt blog yang lbih sipmel ngak bnyak aksesorisnya... Tapi cara bt buku tamu di halaman laen gimna yha?

Evan said...

wah sangat membantu nich, Thanks atas infonya

hrhadianto said...

terima kasih bnyak bang del,, semua tutorial'ny sangat membantu,, khususnya bagi orang" yang baru terjun seperti c aku,, hhehe
mksih bnyak bang del..

EVv_Zz Blogspot said...

thank.s infonya gan,
kunjungi blog saya yah
http//evvzz.blogspot.com

Just 4 Fun said...

Suiipp,,,,

Robertho Wakanno said...

siip banget tulisannya bang :)

fatimah said...

artikel yang bermanfaat u saya, makasih ya

Saktisakti said...

Walaupun panjangnya sampe 10 kilometer,
tapi bermanfaat kok :D jadinya ga bosen bacanya

DareDeviL said...

bagus nie bang, bermanfaat jugaaa.........
..........

ainul fahmi said...

terimakasih tipnya

Atlast said...

makasih infonya

http://seablue38.blogspot.com

IKHLAS BERSINAR said...

Saya seneng sekali dengan info ini, mengingat saya saya adalah blogger pemula, wah terima kasih banyak, saya harus banyak belajar dengan bang del!

Hilman Rafiqi said...

Bagus Banget Sangat Bermanfaat saya Izin Repost ya Bang del saya juga akan mencamtumkan Blog Abang

Unknown said...

ea bang mksh tas posting nya bang, :))

gadge 4us said...

info yang bagus..... !!! perlu di terapkan nie http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/4.gif

Anonymous said...

wahh makasih bang del..bagus sebagai pemula. detail dan bahasanya santai. membaca sampai akhir meskipun panjang tapi isinya bagus . gak capek! dapet ilmu baru .

PRINCESS DREAMS WORLD ~Nissa Abidna~ said...

infonya bermanfaat bbgt , buat pemula kayya saya ;)

Unknown said...

maen maen ke blog saya om, www. zondim .com

batik niar said...

Mantap bank del.

batik niar said...

Mantap bank del.

Advertising dan Huruf Timbul Semarang said...

mas nie kok blognya kacau ya?
padahal isinya bagus lho.
trims

RIP PANDA said...

thank's Agan :D

Sedot WC Jakarta said...

terima kasih atas penjelasannya..

Unknown said...

thaks info nya

Wina Ramdhani said...

wahhh bolehhh tuchh
thank's dachhh

Obat Darah Tinggi Terbaik said...

makasih gan infonya

Obat Diare said...

makasih gan infonya sangat menarik sekali nih info

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Bang Del. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni. Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukaran link.

Link Exchange | Blog Directory

Link Exchange Directory of Top Sites Dmegs.com
SEO friendly web directory of top sites & blogs organized by topic into categories and presented according to relevance ofwebsite. Submit your website free.

Tukar Link dan Promosi Website
Webkios Direktori Indonesia, katalog website untuk tukar link dan promosi gratis. Tambahkan website anda sekarang juga di direktori kami.

Increase your PageRank
The Search Engine Optimization Experiment - Increase your PageRank.

Blogarama - The Blog Directory
Get Listed At One Of The Largest FREE Blog Directories Online. Let People Find And Rate Your Blog In The Blog Directory!

2RSS.com :: RSS directory
2RSS.com :: RSS feeds, RSS directory, RSS software, RSS scripts, RSS articles, RSS syndication, XML, RDF, news.
 

Followers

Recent Comments